Selasa, 24 November 2015

Khasiat dan Manfaat ZEBAKTON

Pemanfaatan Seabuckthorn Secara Komprehensif



  1. Seabuckthorn adalah tumbuhan perintis dari desertifikasi dataran tinggi Huangtu Sekarang ini, sekitar dua-pertiga dari negara-negara dan daerah didunia mengalami ancaman dan bahaya dari degradasi dan desertifikasi, seperempat dari luas daratan dunia diklasifikasikan sebagai daerah kering dan semi-kering. Mempengaruhi lebih dari 100 negara dan wilayah, yang populasinya melebihi 1 milyar, dimana 135 juta lebih orang diantaranya telah mengungsi dan menyebabkan kerugian ekonomi yang mencapai $ 42 miliar setiap tahun. Akibatnya, tanah yang subur juga mengalami kerugian sekitar 600 juta km per tahun.


China memiliki persentase desertifikasi yang cukup besar di dunia, penyebarannya luas, merupakan salah satu ancaman yang paling serius bagi negara, daerah yang mengalami desertifikasi seluas 2.623.700 km, terhitung 27,3% dari total luas lahan. Daerah yang mengalami degradasi seluas 1.731.100 km, terhitung 18,03%. Setelah digabungkan, menjadi 45.33% dari total luas lahan, dan juga mengalami ekspansi seluas 24.600 km per tahun. Oleh karena itu, desertifikasi dan degradasi merupakan masalah jangka panjang yang harus segera ditanggulangi.


zebakton abe


Praktek dan percobaan menunjukkan bahwa seabuckthorn (zebakton) merupakan tanaman ajaib yang memiliki fungsi dalam menanggulangi desertifikasi dan degradasi, karena ia memiliki tiga fitur yang sangat kuat dan menonjol:


(1) Seabuckthorn laut memiliki fungsi struktur dan sistem


dalam retensi air Seabuckthorn memiliki daya tahan akan cuaca panas maupun dingin. Dalam beberapa tahun ini mengalami defisit air dikarenakan curah hujan tahunan yang hanya sebesar 300- 400mm di daerah kering dan semi-kering. Salah satu factor penting yang membuat seabuckthorn dapat tumbuh dan berkembang secara normal dalam situasi tersebut adalah karena ia memiliki fungsi struktur dan sistem retensi air yang kuat. Permukaannya ditutupi dengan 2-4 lapisan batang dan lapisan lilin (kutikula). Di samping itu, permukaan daunnya juga ditutupi dengan 3-5 lapisan trikoma, stomata nya relatif kecil, tumbuh di bagian permukaan daun trikoma, variabelnya menyempit panjang, struktur dan fungsi pembuluh darahnya kuat untuk menjamin pasokan air dan garam anorganik.


Ketika batang dan daunnya mengalami kekeringan yang fatal, dapat berubah menjadi duri untuk mengurangi hilangnya air. Sistem akarnya menggunakan sistem akar dangkal yang sangat maju dan mampu mendistribusikan sampai sekitar 10-30cm ke permukaan tanah, secara berselang-seling membentuk jaringan agar mudah untuk menerima curah hujan dan menyimpan air. Air merupakan bagian utama dari floem akar, sebagian besar sel diubah menjadi dinding tipis jaringan tissue (Gambar 1 dan 2), setelah menerima curah hujan yang cukup, dapat dengan cepat menyerap kelembapannya, kapasitas penyerapan airnya 4-6 kali lebih kuat. Dalam 5 tahun sekali, 1 seabuckthorn dapat menyimpan air hujan sebanyak 10-13kg, juga memperbaharui air diatas tanah selama 30-40 hari. Hal tersebut sangat membantu untuk menanggulangi kontradiksi permintaan dan persediaan air yang semakin berkurang.


(2) Seabuckthorn (zebakton) memiliki sistem fiksasi nitrogen simbiosis yang kuat Kebutuhan tahunan pupuk nitrogen di bumi sebanyak 2,3 milyar ton, atau terhitung sebesar 10-12%, sisanya terselesaikan karena adanya fiksasi nitrogen, 80% dantaranya diselesaikan oleh legum genus Rhizobium dan actinomycetes bersama dengan Frankia, tetapi jumlah fiksasi nitrogen sebelumnya sebesar 40%, dan sesudah itu menjadi 60%. Nodul seabuckthorn adalah bakteri simbiotik dan juga bagian Frankia, hal tersebut dapat memperbaiki unsur N2 atmosfer, kecuali untuk pertumbuhan dan perkembangan yang diperlukan mereka sendiri, namun masih bisa memanfaatkan bakteri dan tanaman di sekitar. 1-2 kali lipat jumlah legum pengikat nitrogen, 6 tahun seabuckthorn, fiksasi nitrogen tahun dalam 1 tahun adalah 168kg N2/ha/a, setara dengan pupuk urea 5.2kg, seiring dengan peningkatan usia dan peningkatan jumlah nodulasi akan meningkatkan jumlah fiksasi nitrogen. Fiksasi nitrogen tidak hanya menjamin kelangsungan hidup tumbuhan seabuckthorn dalam keadaan tandus/kekurangan pupuk pada gurun pasir dan pertumbuhan arsenik batu pasir di Mongolia, tetapi juga meningkatkan metabolisme fotosintesis C, dan memanfaatkan metabolism N2 pada fiksasi nitrogen. Dengan kombinasi dan koneksi organik dari dua sistem peredaran darah, baru mampu menjamin kelangsungan hidup tumbuhan seabuckthorn dan memelihara perkembangan biakan populasi tumbuhan seabuckthorn serta memperluas kedudukan niche pasar dalam jangka waktu yang panjang.


(3) Seabuckthorn adalah jenis tumbuhan pionir untuk pemulihan vegetasi dalam rantai makanan Karena seabuckthorn (zebakton) memiliki kandungan nitrogen yang tinggi, pada waktu tanaman tersebut mati, rambut akar dan nodul nya akan membusuk dan menjadi sampah. Hal tersebut akan berdampak baik pada tanah, yaitu meningkatkan kematangan gambut, meningkatkan kesuburan tanah, memberikan nutrisi, air, dan unsure hara yang diperlukan untuk pertumbuhan jamur, tumbuh-tumbuhan dan semak-semak kecil. Sehingga menciptakan lingkungan yang sesuai bagi tanaman mikro(mikroflora) dan tanaman lainnya dan menciptakan kondisi yang sesuai untuk perkembangbiakan tanaman tersebut agar mampu bertahan hidup, sehingga menghasilkan tanaman pionir dan campuran yang unggul.


Menurut survei, 4-5 tahun setelah penanaman, hutan seabuckthorn (zebakton) ditumbuhi rumput liar, dan beberapa pohon poplar, pohon elm, serta keragaman dan keanekaragaman flora lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pohon poplar, pohon elm, pohon locust, dan spesies tunggal berbasis cf yang dicampur dengan seabuckthorn mengalami peningkatan pertumbuhan sebanyak 129,7%, 110,5%, dan 130 %. Kandungan bahan organic pada tanah meningkat hingga 2,13%, dan nitrogen 0,11%. Dua hal tersebut mengindikasikan bahwa lahan tersebut menjadi satu kali lipat lebih subur. Setelah pertumbuhan seabuckthorn, dalam penanaman di gurun, tidak lagi menggunakan pupuk apapun untuk menanam tanaman seperti jagung, kentang, dan hasil panen lebih tinggi dari lahan pertanian yang luasnya biasanya lebih besar satu kali lipat, dan bahkan dalam tiga tahun ini memiliki hasil panen yang tinggi. Tentu saja, dalam vegetasi hutan berikutnya, seabuckthorn merupakan tanaman yang sesuai, juga merupakan jenis tanaman kategori R yang berumur pendek setelah pertumbuhan tanaman berikutnya, karena tertutup oleh semak-semak, lalu mati di hutan untuk menyelesaikan misinya sebagai tanaman pionir, seabuckthorn hanya mampu hidup selama kurang lebih 15 tahun.


(4) Seabuckthorn mampu mengurangi erosi dan sedimentasi


Di Dataran Tinggi Huangtu, erosi tanah yang paling serius adalah erosi saluran dan lereng curam, ditambah lagi tanah tandus, juga kesulitan dalam konstruksi. Merupakan daerah penghasil utama sedimen dan saluran sedimen. Alasan utama seabuckthorn mampu mengurangi erosi dan sedimentasi adalah karena seabuckthorn (zebakton) dapat hidup dan tumbuh pada saluran ini, yaitu lereng curam, dan dapat membentuk belukar yang padat.


Yang lebih penting lagi, sistem akar seabuckthorn sangatlah maju karena secara berselang-seling ditenun erat membentuk jaringan massa akar besar yang mencapai sekitar 10-20cm ke permukaan tanah, dan akar rasio kolom kapiler menyumbang sebesar 64%-80%. Permukaan rambut akar mengeluarkan sejumlah besar sekresi, dan tanah terikat erat, berperan dalam konservasi tanah menjaga kelembabpan memainkan peran konservasi kelembaban tanah agar tetap padat. Seabuckthorn bereproduksi secara aseksual, akar penghisap (haustrorium) yang baru juga dapat membentuk kelompok akar yang baru. Di antara reproduksi seksual (genet) dan substrain pada akar saling berhubungan. Dengan membentuk jaringan dibawah tanah, tanah akan berfungsi sebagai payung, hal tersebut sangat mengurangi dampak dari hujan deras, dengan cara menghadang torrent tanah, dan sangat efektif untuk mengurangi sedimentasi. Dan dengan menggunakan karakteristik khusus akar penghisap dari seabuckthorn (zebakton), orangorang membentuk banyak hutan hijau anti erosi yang kuat, dan tidak lagi takut akan pasir hisap (quicksand pit), dan pengisap akar yang kuat itu mampu menghentikan banjir di bawah waduk, dan mencegah terjadinya sedimentasi, meningkatkan dasar saluran erosi.


Penelitian telah membuktikan bahwa seabuckthorn (zebakton) yang ditanam selama tujuh tahun, penutupan vegetasi nya mencapai 61%, modulus erosi menurun dari 40.000 T/km*a menjadi 5.000 T/km*a. Meskipun pada dataran tinggi Huangtu terdapat banyak parit, tetapi seabuckthorn tetap mampu untuk bertahan hidup dan masih memiliki kemampuan reproduksi yang cepat, di mana tanah yang ditutupi oleh seabuckthorn, aliran permukaannya berkurang menjadi 80%, pencegahan hilangnya humus 75%, dan pengurangan erosi 85%, efeknya sangatlah jelas. Oleh karena itu, seabuckthorn merupakan pencegahan untuk mengatasi terjadinya sedimentasi, vegetasi yang efektif dalam pencegahan erosi tanah, dan penghalang biologis alami pada dataran tinggi Huangtu.




  1. Nilai gizi yang unik dan luar biasa dari (zebakton) Seabuckthorn sebagai tanaman kesehatan, dalam kompetisi tanaman kesehatan internasional, posisinya berada nomor 2 yaitu, di bawah lidah buaya dan diatas ginkgo. Bahkan, sebenarnya seabuckthorn itu lebih baik daripada lidah buaya, tapi pengetahuan orang-orang terhadap seabuckthorn masih sangat dangkal. Fungsi utama seabuckthorn bagi kesehatan tubuh adalah semua bagian tubuhnya yang memiliki kegunaan dimulai dari akar, batang, daun, bunga, buah, bijinya, dan juga bisa dimasukkan ke dalam makanan sebagai obat, nilai gizinya juga sangat tinggi. Buah seabuckthorn dapat dijadikan dalam bentuk kalengan, selai, minuman jus, anggur dan mouthwash. Daun seabuckthorn mengandung 15,75% crude protein, 9,48% crude fat, 14,04% crude fiber, dan 54,84% nitrogen-free extract. Biji seabuckthorn mengandung minyak sebanyak 10% -12%, dan kandungan minyak dari buahnya sebanyak 14% -18%, minyak seabuckthorn merupakan ekstraksi bahan baku yang baik. Minyak seabuckthorn mengandung asam lemak tak jenuh yaitu ω-3 asam linolenat , dan ω-6 asam linoleat .


Daun dan buah seabuckthorn (zebakton) memiliki ekstrak flavonoid, polifenol, catechin, Vc, VE, polisakarida, β- karoten, steroid triterpenoid dan sejenisnya. Kandungan tersebut merupakan antioksidan yang kuat, antiaging, meningkatkan imunitas, menyembuhkan penyakit perut, membantu pencernaan, mengatasi hangover, melindungi jantung, meningkatkan IQ, baik untuk saraf, penurunan berat badan, kecantikan perawatan kulit, pengobatan bintik-bintik melasma, jerawat, noda hitam, melindungi dari sinar UV, dan memiliki peran penting dalam penyembuhan luka, seperti luka luar yaitu luka bakar ataupun dermatitis. Daun, buah, maupun minyak seabuckthorn mampu menurunkan tekanan darah, menurunkan gula darah, mengurangi kolesterol plasma dan mengurangi akumulasi kolesterol pada dinding pembuluh darah, perbaikan mukosa lambung, meningkatkan jumlah bifidobacteria usus, dapat mencegah hiperlipidemia dan aterosklerosis, 94% efektif dalam pengobatan angina pectoris. Daun, buah, batang, akar, minyak, dan nodul dari seabuckthorn Frankia memiliki khasiat anti-tumor yang signifikan (Tabel 1). Dan percobaan menunjukkan bahwa seabuckthorn (zebakton) adalah tanaman yang tidak beracun. Daun dan kulit residu buah seabuckthorn merupakan pakan bagi unggas maupun ternak.


Berikut adalah Bagian-bagian dari seabuckthorn (zebakton) yang tingkat inhibisi tertinggi terhadap tikus Kunmin, Tingkat Inhibisi (%) 62.7 58.1 46.3 32.0 26.1 30.5.


batang pohon zebaktonOleh karena itu, efektivitas seabuckthorn (zebakton) adalah sebagai berikut: sebagai tonik (yin, yang, ki, darah), penyesuaian keseimbangan (organ fungsi), meningkatkan imunitas, dan anti-aging. Saat ini, pasar domestik dan luar negeri telah mengalami peningkatan pada konsumen, terutama di bagian selatan, Asia Tenggara dan Jepang serta negara-negara lain juga mulai mengenali dan mencoba produk seabuckthorn laut. Penjualan produk seabuckthorn hampir mencapai 30 miliar yuan per tahun dan nilai output sebesar 50 miliar yuan dari hasil promosi industri terkait. Jadi jalur perkembangan industry seabuckthorn(zebakton) di di masa depan akan lebih baik.



Masalah dan Potensi Pemanfaatan Seabuckthorn


Negara China memiliki keunggulan utama di dunia dalam penggunaan dan pengembangan sumber daya seabuckthorn:




  1. Merupakan Negara yang paling awal dalam mengadakan penelitian tentang seabuckthorn, tepatnya terjadi sekitar tahun 748M-765M, tertuang dalam buku utama tentang kode medis obat-obatan Tibet yaitu "Si Bu Yi Dian," telah mendokumentasikan penggunaan seabuckthorn. Selain itu, ada "Yue Wang Yao Zhen" dan seterusnya. Disajikan dalam buku tersebut, bahwa bangsa China Tibet, Mongolia adalah bangsa yang pertama yang melakukan penelitian dan pengembangan terhadap seabuckthorn (zebakton).

  2. Sumber daya alam hutan seabuckthorn di China merupakan 95% bagian dari dunia, luasnya kira-kira 2.000.000 km, dan mengalami peningkatan tahunan sekitar 70-100 hektar, demikian pula perkebunan seabuckthorn juga merupakan perkebunan terbesar di dunia.

  3. Tanaman seabuckthorn di dunia memiliki 7 jenis spesies dan 11 jenis subspecies di dalamnya, sedangkan di China ada 7 jenis spesies dan 11 jenis subspecies. China merupakan tempat kelahiran seabuckthorn dan Negara yang memiliki sumber daya cadangan seabuckthorn (zebakton) terbesar di dunia. China memiliki sumber seabuckthorn yang jenis nya paling beragam.

  4. Di gurun, pemanfaatan seabuckthorn yang tertinggi, dan efektivitas nya yang terbaik adalah untuk mencegah terjadinya erosi tanah. Efeknya sangat terlihat terutama di Tembok Hijau China atau yang disebut juga Three North Shelter Forest Program, dan daerah batu pasir arsenic.

  5. Terbukti China juga merupakan Negara pertama yang menjadikan seabuckthorn sebagai obat. Terutama setelah tahun 1986, berhasil untuk mengembangkan penelitian dibidang produk makanan, produk perawatan kesehatan, dan lebih dari 100 jenis obat-obatan, yang saat ini merupakan Negara yang memiliki jenis produk terbanyak di dunia.

  6. Setelah pemanfaatan daun, batang, ranting, dan akar dari seabuckthorn, zat karbon organic dari batang cadangan seabuckthorn menjadi 83,84% dan biomassa batang, ranting dan daun seabuckthorn menjadi 15.06%-16,25% t/hm2. Biomassa perkebunan seabuckthorn (zebakton) yang berusia 13 tahun menjadi 1151g / m2. Terhitung, batang utama 35,6%, cabang/ranting 41,5%, daun 18,8%, buah 0,02%, dan kayu mati 0,02%. Batang dan akar kayu keras seabuckthorn mengandung minyak, dan kalau dibakar apinya besar dan tahan lama. Partikel batang, kayu lapis, dan kayu akar dari sea buckthorn dapat dijadikan bahan mentah. Namun, sejauh ini hanya sedikit, dan tidak ada pembentukan industrialisasi yang dimanfaatkan sepenuhnya.



Prospek Produk Berbahan Baku Seabuckthorn: Zebakton


Pembangunan telah melahirkan beragam produk baru dari bahan seabuckthorn, salah satunya adalah Zebakton. Namun lahirnya produk baru yang demikian harus memperhatikan beberapa aspek sebagai berikut:




  1. Dukungan kebijakan yang kuat untuk membangun kembali lahan pertanian, untuk melakukan beragam penelitian kehutanan pada daerah yang berbeda, mengembangkan tumpangsari dan pertanian yang memperhatikan aspek biologis, ekologi, dan ekonomi. Pada saat yang bersamaan dengan pemulihan kondisi lingkungan hidup, memberikan peluang yang luas kepada petani untuk benar-benar merasakan manfaat ekonomi. Upaya untuk meningkatkan pengelolaan dan perlindungan penanaman, harus pula dibarengi dengan memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan industri usaha berbahan seabuckthorn ( seperti Zebakton).

  2. Berdasarkan kondisi daerah yang berbeda, tingkat degradasi dan penggurunan, penelitian sedimentasi, erosi, dan sistem penanamannya. Maka perlu dilakukan dengan menjadikan penanaman seabuckthorn sebagai pelopor, retensi air, pemulihan lahan tanah yang tandus dan mengembalikan keragaman ekologi vegetasi. Upaya yang demikian akan sangat bermanfaat bagi lingkungan dan pengembangan seabuckthorn.

  3. Dalam rangka untuk mengubah luas, tingkat produksi, kualitas. Pada Saat ini sangat dibutuhkan hibridisasi yang lebih canggih, alat pemuliaan molekuler, dan kualitas metode untuk meningkatkan kemampuan adaptasi saat pemuliaan pada daerah kering dan semi-kering di China. Dan penggunaan tunas, daun, akar dan metode pelatihan organ parsial, jaringan atau sel induk, meningkatkan koefisien dan reproduksi vegetative varietas unggul, peningkatan kecepatan propagasi. Kami menggunakan metode 1,2,3 dalam memperbanyak daun aksila praktik tersebut telah berhasil dan propagasi meningkat hingga 200 kali lipat. Pada saat sekarang ini sedang memasuki tahap riset pengembangan industrialisasi. Gambar daun seabuckthorn yang sudah dewasa

  4. Kemampuan pengembangan produk seabuckthorn (seperti Zebakton), pengarusutamaan yang harus dilakukan: Fokus pada penelitian dan pengembangan produk perawatan kesehatan, kosmetik perawatan kulit dan obat-obatan. Peningkatan upaya penelitian, penelitian secara mendalam pada daun, buah, kulit kayu, biji (minyak biji), zat efektif dan ekstrak dari kulit akar dan bintil akar seabuckthorn. Menurut teori pengobatan China, untuk mengekstrak komponen rudal, harus melalui penggunaan komponen utama yang jelas, menunjukkan konten dari komponen utama, sehingga produk perawatan kesehatan dan obat-obatan tersebut memilki efektivitas yang jelas. Penelitian terhadap ekstrak daun, buah, kulit kayu, biji (minyak biji), kulit akar, bintil akar.                                        seabuckthorne

  5. Pada saat ini negera China memiliki lebih dari 2.000 bisnis yang terkait dengan seabuckthorn, mulai dari merchandise, supplier, dan pasar. Sebagian masih ditemukan barang palsu yang sering beredar di pasaran dan sangat sulit sekali untuk dapat dibedakan. Maka dari itu perlu dilakukan pemurnian dalam komoditas pasar seabuckthorn, dan memberikan tindakan keras terhadap barangbarang palsu. dengan begitu, seabuckthorn baru memiliki reputasi dan kredibilitas yang nyata. Produk seperti (Zebakton) akan dijamin keasliannya oleh PT. ABE sehingga pengendalian yang baik menjadi tantangan tersendiri.


(Disarikan oleh Agen Foredi Jakarta dari MAKALAH SEMINAR, College of Life Science, Shanxi University (Taiyuan, 030006))

1 komentar: